Penggunaan jasa pengiriman saat ini semakin banyak seiring dengan berkembang pesatnya bisnis online di Indonesia, bahkan di dunia. Ada beberapa alasan mengapa konsumen dalam memilih jasa pengiriman jasa pengiriman yang akan dipakai.
Salah satunya, harga yang murah. Harga yang murah sering menjadi pertimbangan karena mayoritas bisnis online di Indonesia masih dalam taraf kecil menengah. Namun apakah Anda tahu, ternyata harga bukan menjadi alasan utama konsumen memakai jasa pengiriman, lho.
Dari laporan Katada Insight Center (KIC) dan Sirclo yang dilakukan pada tahun 2021 lalu menyebutkan, sebanyak 89,5% masyarakat Indonesia memilih mengirim barang dengan menggunakan jasa pengiriman. Sebanyak 61,8% memilih jasa pengiriman lantaran pengiriman yang tepat waktu.
Selanjutnya, 48,5% memilih karena harga yang murah. Kemudian 41,4% memilih karena jangkauan yang luas dari jasa pengiriman. Kurir yang ramah pun menjadi penilaian konsumen, nilainya pun cukup besar sebesar 35,1%.
Alasan karena barang aman sepanjang perjalanan juga tak luput dari konsumen, angkanya 34,2%. Selanjutnya, ada ulasan bagus dari konsumen lain 28,7%. Nah ,riset ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda yang ingin mengirim barang dan masukan bagi para pelaku jasa pengiriman.