Mengenal Kapal Ternak Km. Camara Nusantara, Angkut 550 Sapi Kurban

Mengenal Kapal Ternak Km. Camara Nusantara, Angkut 550 Sapi Kurban

Camara Nusantara Angkut 550 Sapi Kurban, Pastikan Pasokan Daging Cukup

Meski tidak sepopuler kapal penumpang, kargo, ataupun kapal pesiar. Ternyata ada lho kapal khusus pengangkut kapal ternak di Indonesia.

Kapal Camara Nusantara 1 yang berada dibawah naungan PT PELNI mengangkut sapi sebanyak 550 ekor gun memastikan pasokan sapi dan daging tercukupi menghadapi Idul Adha tahun ini.

Kapal khusu angkutan ternak ini melayani rute
Kupang – Waingapu – Tanjung Priok/Patimban – Kupang. Kapal ini pun berhasil berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok kemarin. Angkutan ternak menjadi pehatian pemerintah guna memastikan distribusi ternak antar daerah terbagi secara rata.

Program Tol Laut Ternak merupakan kerjasama antar dua lembaga negara, yaitu Kementerian Perhubungan dan Pertanian. Hasan Sadili, Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri Capt. mengatakan tujuan Tol Laut Ternak guna mendukung kebijakan nasional swasembada daging sapi dan kerbau.

”Pengoperasian kapal khusus ternak bertujuan untuk menjamin kelangsungan pendistribusian ternak melalui angkutan laut dengan jadwal tetap dan teratur,” katanya.

Kapal pengangkut ternak ini didesain memperhatikan kaidah kesejahteraan hewan (animal welfare) dan dilengkapi dengan tenaga medis (dokter dan mantri hewan) sehingga kondisi kesehatan dan kesejahteraan ternak selama pelayaran dapat terjaga.

Program ini telah berjalan sejak tahun 2015 lalu. Dan mencatatkan peningkatan tiap tahunnya. Tahun ini, kapal pengangkut ternak ini telah melayani 9 trayek dengan 5 pelabuhan bongkar. Hingga minggu kedua bulan Juli total ternak yang sudah diangkut mencapai 15.955 ekor.

"Pada kesempatan ini saya mengajak semua pihak untuk berkolaborasi untuk mengoptimalkan layanan Penyelenggaraan kewajiban pelayanan publik angkutan khusus ternak ini tidak hanya diwaktu menjelang idul adha saja namun disepanjang tahun 2023, serta dapat memanfaatkan kapal khusus ternak untuk mengangkut muatan balik dari pelabuhan bongkar, karena kapal khusus ternak ini juga memiliki ruang muat dengan kapasitas 150 ton," tambahnya.

Ia berharap dengan adanya program tol ternak laut ini bisa mengakomodasi para pengusaha peternakan makin bergeliat dan harganya pun bisa ditekan.

"Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini, khususnya bagi seluruh stakeholder yang telah memanfaatkan kapal-kapal khusus ternak yang sudah disiapkan oleh Pemerintah,” harapnya.